Monday, November 8, 2010

Review Manga : Garudaboi


Judul          : Garudaboi
Penulis       : Galang Tirtakusuma
Mangaka   : Galang Tirtakusuma
Genre        : Action, Comedy, Fantasy, 4 koma, Slice of life
Tahun terbit : 2010
Diterbitkan di : PT Gramedia (Koloni)
Status        : Incomplete ? (2 volume)

Sinopsis
Dari vol 1: Lihat, tuh di langit! Itu Burung?! Bukan! Itu pesawat! Bukan! Itu.....GARUDABOI! Yap, itu Garudaboi. Satu-satunya jagoan Indonesia dengan gaya rambut yang 4L4Y 'abis! Garudaboi boleh saja dibilang sebagai "superhero-paling biasa-seantero jagad", namun nggak ada yang bisa menyaingi kegokilannya dalam membekuk penjahat! Ikuti saja keisengan Garudaboi menghadapi perampok bank, alien yang baru menetas, sampai penjahat super Palananas, tentu dengan gaya lebay yang kocak. GO GO GO GARUDABOI!!

Dari vol 2: Kali ini superhero 4L4Y kita ditemani oleh jagoan baru, seperti GARUDAMANLY-MAN, dan SPIDERCATMAN-BOY. Pastinya petualangan 4 panel Saepul dan kawan-kawan menolong adik Cimaerah dan menumpas penjahat lebay disajikan dengan kocak khas komik Garudaboi. GO GO GO GARUDABOY!

Red's Review:
Baiklah. Waktu pertama kali lihat komik ini di rak buku, gw dah tertarik karena desain sampul yang rame karakter dan warna-warni (halah...kayak anak kecil aja (^___^). Tanpa pikir panjang saya sahut komik ini dan saya bawa pulang (tentu bayar dulu lah).

Sekilas melihat dari gaya gambar atau art di sampulnya, dan ekspresi karakternya, JELAS sekali terlihat ini komik komedi superhero. Dugaan saya tidak salah. Ini memang komik komedi superhero. Hanya saja saya tidak nyangka kalau isinya bener-bener ANCUR (aka: kocak abis). Gaya gambar Galang Tirtakusuma yang khas chibi-moe membuat mata pembaca adem-ayem baca komik ini sampai habis. Gaya penceritaan 4 panel juga digunakan dengan baik dan punya banyak punchline yang kocak. 

Yang saya suka di komik ini adalah gaya khas (dan desain) karakter-karakternya. Mulai dari Saepul (Garudaboi) yang kadang-kadang bego abis, Luna yang imut-iblis, Bajuri yang....unexplainable, Bajigur (Pendekar Pentung) yang punya ide aneh-aneh, Garudamanly-man yang....ga jelas banget....dsb. Komedi yang disuguhkan juga segar dan (bila kalian anggap tidak lucu) bisa bikin senyum-senyum sendiri. Penceritaan 4 panel, yang pada beberapa chapter, berhubungan antar tiap strip, juga sangat baik. Oke...memang storyline-nya rada-rada ga jelas, tapi memang disitulah letak komedinya. Ketidakjelasan alur cerita (^o^).

So far, di vol 2 gaya gambar masih stabil (bahkan makin bagus kayaknya) dan ceritanya masih menarik untuk dikuti. Terlebih dengan adanya tambahan 2 karakter superhero aneh yang membantu (ehm...yang satu bikin pusing) Garudaboi. Membuat komik ini semakin menarik untuk diikuti (maju terus Mas Galang!) dan dikoleksi.

Masih tidak percaya dengan review saya?? Silahkan baca sendiri. Bisa beli di toko-toko buku terdekat, nyewa di rental komik, atau pinjem punya teman (kalau nyolong resiko tanggung sendiri ye ~__~). Ga rugi pokoknya!

So......Red's Rating (out of 10) = 8/10 --> Very Recommended untuk dibaca dan dikoleksi.

Garudaboi dapat didapatkan di toko-toko buku terdekat di kota anda (halah...kayak promosi >_<)


No comments: