Review Manga : Satu Atap






Judul            : Satu Atap
Penulis         : Azisa Noor
Mangaka     : Azisa Noor
Genre          : Fantasy, school life, slice of life, comedy, romance
Tahun terbit : 2009-2010
Diterbitkan di : PT Gramedia (Koloni)
Status          : Incomplete? (2 volume)

Sinopsis
Dari vol 1: Saat tiba di Bandung, Putri mengira hidup di rumah kost akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Tapi lain lagi ceritanya kalau semua penghuni kost-kostannya ternyata bukan manusia! Dari anak setan penggoda yang mencari cinta sejati, peri hutan yang suka main cowok, sampai manusia harimau jenius yang judes. Rumah kost itu pun membawa Putri ke dalam bermacam-macam petualangan dan kisah cinta yang aneh.

Dari vol 2: Banyak orang yang tidak tahu tentang kota Bandung, sebuah kota yang menyimpan banyak rahasia kecil di dalamnya....seperti rumah kos-kosan Putri. Putri yang tak ingin mengikuti orang tuanya yang dinas ke luar negeri, memutuskan untuk mandiri dan indekos di Bandung. Namun ternyata rumah kos Putri cukup luar biasa karena dihuni oleh makhluk-makhluk gaib yang sehari-harinya menyamar jadi manusia biasa! Ada Erik sang 'putra duyung', Maya sang peri hutan yang cantik dan ceplas-ceplos, Adit sang manusia harimau yang jenius tapi agak judes, sampai Rangga si keturunan setan penggoda yang diam-diam naksir Putri.

Red's Review:
Wokeh....satu lagi review dari saya. Yak! Kesan pertama waktu lihat buku ini di rak toko buku adalah "wah...cerita model2 teenlit nih....agak males beli...". Tapi secara tidak sengaja saya lihat ada yang terbuka, jadilah iseng saya baca. Setelah baca sekilas...oke...saya beli! (^_____^)

Sekilas melihat art di sampulnya, cukup terlihat jelas kalau ini adalah komik seputar kehidupan sehari-hari, tapi jelas karakternya bukan manusia (lah, di sampul dah keliatan ada yg punya sayap tuh ^___^). Gaya gambar Aziza Noor dalam manga Satu Atap ini memang unik, tidak seperti manga lokal lainnya yang sebagian besar berkiblat pada gaya gambar manga Jepang. Style gambar yang sederhana tidak lantas membuat manga ini tidak menarik untuk dilihat. Justru ada kesan adem waktu membacanya.

Oke...selain beberapa manga lokal lain (yang nanti akan saya muat begitu koleksi saya diborong ke Jakarta), ini adalah manga lokal FAVORIT saya. Kenapa? Karena alur ceritanya yang mengalir, ringan, simpel, ringkas, dan mudah dipahami. Khas komik yang mengambil tema slice of life. Berbeda dengan komik genre Shojo yang mengekspos ekspresi emosi berlebihan, emosi karakter2 dalam manga ini dibuat apa adanya, tidak berlebihan. Sehingga membuat manga ini lebih enak dibaca sambil santai. Konfilk yang ada di dalam manga ini juga cukup menarik dan tidak terkesan dibuat-buat. Selain unsur romance, unsur comedy juga ada di beberapa panel dan meski tidak membuat ngakak, tapi cukup untuk membuat kita senyum2 sendiri (^____^)

So far, di vol 2 gaya gambar stabil dan alur cerita semakin menarik. Konflik yang ditampilkan juga mulai cukup 'berat' tapi tetap dengan gaya cerita ringan Aziza Noor. Masa lalu beberapa karakter juga mulai diungkap dan saya akui, sangat menarik dan bikin penasaran. Apalagi bagian akhirnya, bikin saya tidak sabar menunggu vol 3-nya (maju terus kak Aziza!)

Masih tidak percaya dengan review saya?? Silahkan baca sendiri manga-nya. Bisa beli di toko buku terdekat, nyewa di rental, pinjem punya teman, atau nyolong (err...utk yang terakhir, resiko ditanggung sendiri ~___~). Pokoknya uang Rp. 16.500 yang dikeluarkan bwat beli komik ini tidak akan sia-sia!

So....Red's Rating (out of 10) = 9/10 --> Very Recommended untuk dibaca dan dikoleksi

Satu Atap dapat dibeli di toko-toko buku terdekat di kota anda (^______^)

Maju terus komik Indonesia !!!!

Comments